Selasa, 29 Juli 2014

10 Ikan Hiu Terbesar di Dunia Sampai Saat Ini

 Di seluruh lautan terdapat 360 species yang terbagi menjadi 8 kelas ikan hiu. Dan terdapat beberapa jenis ikan hiu menjadi pemangsa (predators) namun ada juga yang tidak begitu buas. Bentuk tubuh dari hiu ini pun sangat bervariasi. dari yang sangat besar sampai hiu dengan ukuran standar. Dan berikut ini adalah urutan hiu terbesar di dunia.

10. Bigeye Thresher Shark 



Salah satu Jenis ikan hiu Bigeye Thresher, yaitu Alopias superciliosus yang merupakan jenis hiu terbesar di dunia yang menempati urutan ke-10. Hiu jenis Bigeye Thresher ini dapat di temukan di daerah perairan khatulistiwa dan dapat di temukan pada kedalaman 1650 kaki dari permukaan laut. Hiu Bigeye Thresher ini mempunyai ciri khas yakni warna abu keunguan dan bisa tumbuh sepanjang 15.1 kaki dan berat mencapai hingga 795 lbs (360.6 kg).

9. Bluntnose Sixgill Shark 


Hiu Bluntnose Sixgill, yaitu Hexanchus griseus,  merupakan jenis hiu ke- 9 yang terbesar di dunia dan juga sering di sebut dengan hiu sapi. Hiu Bluntnose Sixgill merupakan jenis hiu dari keluarga Hexanchidae. saudara dari hiu jenis ini kebanyakan punah. adapun Warna dari jenis hiu ini juga bervariasi dari mulai warna coklat sampai mendekati warna hitam. Hiu- hiu ini dapat tumbuh hingga sepanjang 15.8 kaki, akan tetapi hiu lebih besar dari ini juga pernah terlihat.

8. Thresher Shark 


Hiu ini adalah jenis keturunan hiu besar yang bisa tumbuh sepanjang 18 kaki. hal Inilah yang membuat hiu Thresher menduduki tempat ke-8 hiu terbesar dunia. dan Hiu ini hidup di perairan laut khatulistiwa. bentuk tubuh Hiu Thresher seringkali terlihat ramping akan tetapi jangan sampai tertipu, karena berat hiu ini dapat mencapai 1100 lbs atau 498.95 kg.

7. Great Hammerhead Shark 


Great Hammerhead, yaitu Sphyma mokarran merupakan hiu yang terbesar dari jenis hiu hammerhead. hiu ini dapat tumbuh sepanjang 20 kaki. hiu Great Hammerheads bisa ditemukan di seluruh dunia. namun Berbeda dengan jenis hiu lainnya, pada hiu Great Hammerhead ini menganggap bahwa manusia merupakan bahaya, hiu Great Hammerheads memiliki sifat sedikit lebih pemalu dibandingkan dengan hiu - hiu lain, hiu ini sering menghindari manusia. adapun Hiu Great Hammerhead terbesar yang pernah ditangkap oleh manusia adalah hiu betina yang memiliki berat 1280 lbs atau 580,59 kg.

6. Greenland Shark


Hiu Greenland Shark mempunyai nama latin Somniosus Microcephalus. Salah satu ikan hiu terbesar di dunia ini dapat ditemukan disekitar wilayah perairan Atlantic utara, terutama di dekat Greenland dan Iceland. dan Hiu jenis ini bisa tumbuh sepanjang 21 kaki dan bisa hidup selama 200 tahun!!!. hiu ini terkenal dengan binatang bertulang punggung dengan hidup terlama. Hiu Greenland hidup dikedalaman 6600 kaki dibawah permukaan laut, tetapi hiu Greenland ini pernah tertangkap kamera berada di laut dangkal sedalam hanya 24 kaki.

5. Pacific Sleeper Shark 


Hiu Pacific Sleeper, yaitu Somniosus pacificus adalah hiu yang dapat tumbuh sepanjang 23 kaki dan memiliki berat mencapai 800 lbs atau 362,87 kg. Ada hal yang membuat hiu jenis ini menarik karena hiu ini salah satu dari sedikit jenis hiu yang bisa ditemukan di daerah dengan temperatur yang rendah / daerah yang menghadap kutup. Mereka jug biasanya hidup di laut dalam, dengan kedalaman mencapai 6.500 kaki dari permukaan laut.

4. Tiger Shark 


Tiger Shark, yaitu Galeocerdo Cuvier merupakan hiu terbesar di dunia urutan ke-4 dengan panjang mencapai 24.3 kaki dan memiliki berat mencapai 2000 lbs atau 907,18 kg. Hiu ini terkenal dengan kekejamannya. hiu ini Tidak hanya memakan semua jenis kehidupan yang ada di laut, hiu ini juga suka menyerang perenang. dan Sesuai juga dengan namanya, corak hiu ini sangat mirip dengan corak harimau, biasanya hidup di sekitar perairan khatulistiwa. akan tetapi lebih cenderung berada di sekitar perairan Pasifik.

3. Great White Shark 


Great White Shark, yaitu Carcharodon Carcharias, merupakan salah satu dari hiu terganas di dunia. panjang Hiu ini dapat mencapai 26.2 kaki dan memiliki berat mencapai 5000 lbs 2267,96 kg atau hampir 2,3 Ton. Hiu Great White adalah hiu terakhir dari jenis Carcharodon.

2. Basking Shark 


Hiu Basking, yaitu Cetorhinus Maximus merupakan salah satu hiu yang sangat besar dan membuat hiu basking ini berada di posisi ikan hiu terbesar ke-2 di dunia. Hiu basking ini bisa tumbuh sepanjang 40 kaki dan juga pernah tertangkap dengan berat mencapai 19 ton. meskipun berbadan besar, hiu jenis ini cenderung lambat dan hiu ini bukanlah hiu predator.

1. Whale Shark 


Whale Shark, yaitu Rhincodon Typus adalah hiu yang TERBESAR di dunia. dan Meskipun besar, hiu paus / Whale Shark ini  bukanlah pemangsa, mereka adalah hiu yang bergerak dengan lambat dan hanya memakan phytoplankton atau binatang yang sangat kecil yang hidup di laut. untuk Hiu paus ini dapat tumbuh mencapai 41 kaki dan berat mencapai 15 ton. Hiu paus ini dapat di temukan di sekitar laut khatulistiwa dan juga perairan yang hangat. adapun Species yang berasal dari kehidupan 60 juta tahun yang lalu ini juga mampu hidup sampai 70 tahun lamanya.

0 komentar:

Posting Komentar