Selasa, 29 Juli 2014

10 Jembatan Terpanjang di Dunia

Jembatan adalah sebuah alat penghubung antara satu tempat ke suatu tempat lainnya. Sebuah jembatan sangatlah berguna untuk kegitan mobilitas manusia. Jembatan di jaman modern ini mempunyai karakteristik kecanggihan yang luar biasa, mengapa? Karena jembatan-jembatan tersebut menghubungkan antara dua tempat yang berbeda dengan jarak yang luar biasa jauh. Bahkan ada  jembatan di dunia ini yang mempunyai jarak penghubung hingga mencapai 4,3 mil atau sekitar 7 km, wow…luar biasa jauh bukan?. dari sekian banyaknya jembatan yang ada didunia,  ada sekitar 10 jembatan yang mempunyai jarak penghubung terpanjang di bandingkan dengan jembatan-jembatan lainnya, nahh penasaran dengan jembatan terpanjang di dunia tersebut. Untuk itu simaklah informasi berikut di bawah ini.
          1.       Kunshan Grand Bridge – Danyang
    Jembatan terpanjang di dunia yakni Kunshan Grand Bridge – Danyang. Terletak di Negara China dengan jarak penghubung jembatan mencapai 168,8 kilometer. Membentang dengan gagahnya di sepanjang sungai Yangzte sepanjang 50 Km, jembatan ini juga tepat di sepanjang jalur rel Antara Nanjing hingga shanghai.
          2.       Tianjin Grand Bridge
    Jembatan terpanjang selanjutnya adalah Tianjin grand Bridge. Tianjin grand Bridge adalah jembatan kereta api yang membentang Antara Langfang dan Qiangxian. Jalur kereta api Langfang dan Qiangxian merupakan jalur kereta api tercepat yang berada di Beijing. Dengan jarak penghubung jembatan yang mencapai 113.700 meter atau sekitar 113,7 km (70,6 mil) membuat jembatan Tianjin grand bridge ini menjadi jembatan terpanjang kedua di dunia.
          3.       Weinan Weihe Grand Bridge
    Jembatan terpanjang ketiga di dunia adalah Weinan Weihe Grand Bridge. Weinan Bridge adalah sebuah jembatan kereta api yang berada di China. Jalur kereta api yang menghubungkan kota Zhengzhou dan Xi’an di china, merupakan jalur kereta api tercepat di kota Zhengzhou ini. Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 2008 namun pada saat itu, jembatan jalur kereta api ini baru bisa dipakai untuk umum setelah februari 2010.
          4.       Bang Na Expressway
    Jembatan terpanjang selanjutnya adalah jembatan Bang Na Exspressway. Jembatan yang secara resmi mempunyai julukan Burapha Withi Expressway ini mempunyai jarak penghubung hingga 55 km. jembatan yang terletak di Negara Thailand ini membutuhkan sekitar 1800 meter kubik beton untuk membangun keseluruhan badan jembatan. Tepat pada tahun 2010 jembatan ini resmi dibuka untuk umum.
          5.       Beijing Grand Bridge
    Jembatan terpanjang di dunia selanjutnya adalah Beijing Grand Bridge. Dengan panjang penghubung hingga mencapai 48,153 meter atau sekitar 29,921 mil. Hanya membutuhkan waktu 1 tahun saja untuk membangun jembatan ini. Dibangun pada tahun 2010 dan tepat pada tahun 2011 jembatan ini sudah siap digunakan untuk umum

          6.      Lake Pontchartrain Causeway
    Jembatan terpanjang di dunia selanjutnya adalah Lake Ponchartrain Causeway. Jembatan yang memiliki jarak penghubung sekitar 38,442 meter ini pernah masuk ke dalam daftar jembatan di atas air terpanjang di dunia menurut Guinness World Records pada tahun 1969.
          7.       Manchac Swamp Bridge
    Jembatan kembar yang di bangun pada tahun 1979 ini berhasil masuk kedalam jembatan terpanjang di dunia. dengan  total panjang keseluruhan 36,170 meter. Jembatan ini pernah juga di nobatkan sebagai jembatan diatas air terpanjang di dunia.
          8.       Yangcun Bridge
    Jembatan Yansun Bridde terletak di China. Panjang jembatan yang mencapai 35,812 meter ini selesai dibangun sekitar tahun 2007.
          9.       Hangzhou Bay Bridge
    Jembatan terpanjang di dunia selanjutnya adalah Hangzhou Bay Bridge. Jembatan yang di bangun di wilayah pesisir timur China ini menghubungkan kota Jiaxing dan Ningbo di provinsi Zhejiang.
          10.       Runyang Bridge
    Jembatan terpanjang berikutnya adalah Runyang Bridge. Runyang Bridge adalah komplek jembatan terbesar yang melintasi Yangzte di provinsi jiangshu China. Jembatan yang mulai di bangun sejak tahun 2000 ini merupakan bagian dari Expressway Beijing –Shanghai.
Itulah 10 jembatan terpanjang di dunia. bagaimana tertarik untuk mengunjunginya???

0 komentar:

Posting Komentar